• Registration
Memaksimalkan Peran Puskesmas untuk Indonesia Sehat

September 16th, 2011 Ditulis Oleh Asih  
Logo Bakti Husada bARU

“Mencegah lebih baik dari pada mengobati” itu ungkapan yang sering saya dengar beberapa tahun yang lalu. Tidak hanya mendengar, tapi implikasi dari ungkapan itu juga ada. Sedangkan akhir-akhir ini, ungkapan itu hanya sekedar ungkapan yang tanpa bukti. Hal ini terkait dengan program kesehatan dari pemerintah yang lebih menekankan pada upaya pengobatan (curative) dari pada upaya preventif (pencegahan) terhadap permasalahan kesehatan di negeri ini.

Hal ini bisa dilihat dari program yang digalakkan pemerintah untuk mengatasi masalah kesehatan di negeri ini. Hampir semua kebijakan arahnya pada curative. Mulai dari Askeskin, jamkesmas, jamkesda, semua adalah program yang mengarah ke curative. Padahal, efektivitas dari program itu belum bisa dibuktikan. Masih banyak masyarakat tidak mampu yang berhak untuk mendapatkan layanan itu belum terlayani. Yang mendapatkannya pun masih merasa belum sepenuhnya terbantu. Mengingat untuk mengakses fasilitas ini, masyarakat harus ke rumah sakit umum daerah yang jaraknya jauh dari tempat tinggal dan membutuhkan biaya tambahan untuk itu. Sedangkan, tidak semua orang mampu untuk memenuhinya. Pembangunan rumah sakit-rumah sakit yang semakin digalakkan dari umum hingga spesialis, seolah-olah, negara ini mempersiapkan bahwa warganya akan banyak yang bakal menggunakan fasilitas ini. Padahal, jika program prefentif dan promotif digalakkan, pemerintah tidak perlu melaksanakan pembangunan Rumah Sakit tersebut karena jumlah orang yang sakit bisa dikurangi.

Kebijakan akan lebih dirasakan jika kebijakan itu lebih dekat dengan masyarakat. Memaksimalkan fungsi PUSKESMAS yang merupakan garda terdepan bidang kesehatan adalah suatu pilihan yang patut dilakukan. Peraturan yang sudah diberlakukan oleh depkes tentang BOK (bantuan operasional puskesmas) patut untuk diapresiasi. Program tersebut dapat membantu untuk memaksimalkan langkah promotif dan preventif yang merupakan ranah puskemas untuk melakukan itu.

Banyak hal yang bisa di cegah ketika fungsi puskesmas dijalankan secara maksimal. Karena yang terjadi sekarang, banyak sekali penyakit yang seharusnya dapat dicegah yang oleh karena itu penderita tidak memerlukan perawatan di Rumah Sakit. Seperti, demam berdarah. Ketika puskesmas menjalankan program untuk melakukan dan memaksimalkan penyuluhan terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, maka penderita akan terhindar dari terkena demam berdarah. Mengapa? Karena permasalahan utama dari penyakit ini adalah ketidaksadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga lingkungan sekitar rumahnya agar tetap bersih. Tindakan akan dilakukan ketika sudah jatuh korban disuatu daerah.

Begitu juga kasus gizi buruk yang akhir-akhir ini marak terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Hal ini seharusnya dapat dicegah hingga tidak perlu jatuh korban, yakni melalui program pemberian makanan dan nutrisi tambahan oleh puskesmas setempat. Jika ditemukan kasus itu, bisa segera dilaporkan kedinas kesehatan setempat sebelum terlalu parah. Pun dengan kesehatan para pekerja di perusahaan kecil menengah yang rawan sekali terkena penyakit akibat kerja dan mereka tidak mendapat asuransi, bisa dilakukan dengan memaksimalkan peran puskesmas di setiap daerah. Karena peran puskesmas tidak hanya melayani orang yang sakit yang ingin berobat tapi juga aktif melakukan program pencegahan pada masyarakat. Mulai tingkat SD melalui program UKS sampai orang dewasa melalui program K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Paradigma yang selama ini terbangun dalam masyarakat perlu diubah. Dari paradigma sakit menuju paradigma sehat. Ketika pemerintah sudah memiliki niatan baik untuk memaksimalkan kembali peran puskesmas, adanya pengawasan adalah satu hal yang penting agar program yang ada tidak hanya dirasakan oleh kalangan tertentu saja.

 


 
You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply

Tulisan Terbaru

Jadwal Pendaftaran

August 2014
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
  • No events.
Pesantren Muslimah Mutiara, Surabaya 60111 | 031-593-9396 | info@sdm-iptek.org
Copyright © 2011. Mutiara Boarding School. Powered by Wordpress | Design by S5

Form Pendaftaran

Login Form

Daftar Mutiara

*
*
*
*
*

Fields marked with an asterisk (*) are required.
A password will be e-mailed to you.